Selasa, 10 April 2012

Visualisasi dan Semiloka


Perubahan lokasi pameran RBP

Informasi perubahan lokasi pameran dan akomodasi kegiatan semiloka dan visualisasi RBP yaitu ; 1. Untuk kegiatan visualisasi RBP yang rencananya dilaksanakan dilapangan stadion olahraga STIK Polri dipindahkan ke gedung auditorium STIK Polri, dengan pertimbangan untuk memudahkan akses peninjauan dan mengantisipasi cuaca mengingat musim hujan; 2. Disiapkan 38 stand/booth/lapak ukuran standar 3x2,5m bertempat seluruhnya di lantai satu. Untuk pembuatan visualisasi dilakukan oleh event organiser dgn gambaran: a. Masing-masing Polda dan Satker Mabes Polri (Bareskrim Polri, Baintelkam Polri, Baharkam Polri,  Sarpras Polri, Sdm Polri, Korbrimob Polri dan Korlantas Polri) disediakan satu stand  visualisasi  dengan batas  dinding/ tembok bagian dalam gedung auditorium STIK Polri. b. Didalam stand visualisasi tsb diisi dengan poster/panel kegiatan RBP, TV plasma pasang, satu kursi dan satu meja. c. pengisian stand visualisasi selanjutnya berupa subtansi delapan area perubahan oleh masing-masing Polda dan Satker Mabes Polri dilaksanakan tanggal 14 Mei 2012 mulai pukul 12.00 Wib sd selesai. Penilaian stand visualisasi diprioritaskan pada substansi/konten yg menggambarkan pelaksanaan dan pencapaian delapan area perubahan dikaitkan
dengan tiga sasaran Reformasi Birokrasi yaitu 1. Terwujudnya  Pemerintahan yang bersih dan  bebas KKN; 2. Terwujudnya  peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat; 3. Meningkatnya kapabilitas dan akuntabilitas kinerja Birokrasi, bukan pada aspek dekorasi. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, agar segera mengirimkan materi design berupa sticker poster ukuran lebar 1 m dan tinggi 2.5 m sebanyak 2 unit dalam bentuk image file resolusi 72 dpi save as jpeg quality medium ke email aldriaviadi@gmail.com, sehingga semua kegiatan maupun produk yang berkaitan dengan keberhasilan pelaksanaan RBP dapat dituangkan dalam poster tersebut, selambat-lambatnya hari Sabtu sudah diterima EO. Konfirmasi menghubungi no HP 085219015999 an.Ninik dan no HP 08179847777 an. Aldri. Sedangkan berkaitan dengan akomodasi penginapan, panitia menyiapkan untuk peserta dari luar Jakarta bertempat di hotel  Ambhara Jln. Iskandarsyah, Keb Baru Jaksel untuk Waka Polda, Kabag RBP, perwakilan alumni Akpol, SIPSS, SIP yang berprestasi. Check in dilaksanakan tanggal 14 Mei 2012 mulai pukul 14.00 WIB dan check out tanggal 17 Mei 2012 pukul 12.00 WIB. Peserta perwakilan Brigadir dan petugas pameran disiapkan oleh masing-masing Polda. Pakaian selama kegiatan menggunakan PDH. Sukses. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI......

meilinamabespolri.blogspot.com



Wakapolri audensi dengan Tim Konsultan
Reformasi Birokrasi Polri

                        Saya selaku Ketua Tim Pengarah merasa tergelitik untuk dapat mencapai  3 tujuan Reformasi Birokrasi yaitu : 1. Terwujudnya  Pemerintahan yang bersih dan  bebas KKN; 2. Terwujudnya  peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat; 3. Meningkatnya kapabilitas dan akuntabilitas kinerja Birokrasi; sehingga ingin selalu mengglorifikasi bersama-sama untuk mensukseskan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri gelombang II Tahun 2011-2014. Tahap I Polri diukur Menpan mendapat nilai 3,63 dari nilai 4 tertinggi, demikian disampaikan Wakapolri selaku Ketua Tim Pengarah Reformasi Birokrasi Polri pada hari ini Senin 7 Mei 2012 di Rupattama Mabes Polri. Kegiatan ini dilaksanakan dalam pengarahan dan audensi Wakapolri dengan Tim Quality Assurance dan Tim Konsultan/ekternal Reformasi Birokrau asi Polri. Hadir dalam acara tersebut Penasehat ahli Kapolri, Kompolnas dan Kontras, Wakil Ketua Tim Pengarah, Ketua Tim Quality Assurance dan Ketua Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Polri didampingi Ketua I sd IX Program Reformasi Birokrasi Polri. Untuk menilai apakah Satwil dan Satker Mabes Polri sudah melaksanakan program Reformasi Birokrasi Polri maka Polri akan melaksanakan penggelaran implementasi RBP melalui kegiatan semiloka dan visualisasi yang akan menampilkan berbagai inovasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri di tingkat Satwil dan Satker Mabes Polri. Dari hasil peninjauan pameran nanti para peserta semiloka silahkan menilai pelaksanaan RBP, Kontras atau siapa saja boleh menyampaikan komentarnya, apakah Polri sudah reformis atau belum kalau belum dimana letaknya agar disampaikan untuk perbaikan. Dari hasil audiensi tersebut banyak saran dan masukan yang disampaikan baik oleh ekternal maupun internal Polri. Terima kasih. Pelayanan Prima, Anti KKN, Anti Kekerasan. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI....
meilinamabespolri.blogspot.com

     Info terakhir model visualisasi RBP  

                       Kegiatan pameran dilaksanakan indoor di ruangan auditorium STIK-PTIK lantai 1 dan 2 serta lobby auditorium, seluruhnya berjumlah 38 space. Tidak ada stan/ kapling pameran ukuran 3x3m tapi diganti dengan model panel partisi dengan ukuran lebar 3m tinggi 2m diisi 2 buah poster visualisasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri ukuran lebar 1m tinggi 2m sisanya 1m untuk space LCD. Bagi Polda yang sudah terlanjur mendesign dengan ukuran terdahulu mohon menyesuailan. Pelaksanaan pameran ful dilaksanakan oleh EO sedangkan kreatifitas poster  diserahkan idenya kepada Polda. Selamat berkreatifitas. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI......
meilinamabespolri.blogspot.com

Visualisasi dan Semiloka, 
Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri, 15-16 Mei 2012


Tanggal 3 Mei 2012 bertempat di Hotel Ambhara Jaksel dilaksanakan rapat akhir persiapan pelaksana kegiatan VISUALISASI DAN SEMILOKA PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI POLRIyang dipimpin Asrena Kapolri Irjen Pol. Drs. Pudjianto selaku Ketua Panitia, dihadiri panitia lengkap dari SC dan OC serta tim EO “Kharisma” dibawah pimpinan ibu Niniek. Hasil paparan dari Ketua SC  Karo RBP Srena Polri Brigjen Pol Drs. Andjaja, MH, Ketua OC Kombes Pol Drs. Siswaluyo dan EO, terdapat beberapa informasi yang dapat disampaikan sebagai berikut :
1.Kegiatan “Visualisasi dan Semiloka Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polridilaksanakan tanggal 15 dan 16 Mei 2012 bertempat di Auditorium STIK-PTIK Jl. Tirtayasa Jaksel. Hari I peninjauan pameran dan panel diskusi dilanjutkan hari II dengan kegiatan diskusi kelompok, diakhiri dengan pengucapan Komitmen Reformasi Birokrasi Polri oleh internal Polri dan eksternal.
2. Khusus untuk pelaksanaan pameran masih dibahas lagi mengingatkan berbagai pertimbangan teknis;
3. Fasilitas stan yang diberikan adalah fasilitas standar meliputi kapling pameran ukuran 3x3m dengan partisi stan R-8; standar listrik 2 amper/450 watt; meja  counter 1 (satu) unit ukuran 1x0,5m dan kursi 2 buah. Interior/ dekorasi stan diserahkan sepenuhnya Polda/ Satker, namun apabila ada Polda/ Satker yang perlu bantuan dari EO dipersilahkan dapat berhubungan langsung dengan  ibu Niniek 0852 1901 5999; Sukses untuk panitia. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI......

meilinamabespolri.blogspot.com

Giliran Tim OC  Rapat, .......

Setelah sehari sebelumnya tim SC rapat yang dipimpin Karo RBP Srena Polri Brigjen Pol Drs. Andjaja selaku Ketua SC, tiba giliran tim OC panitia pelaksana kegiatan VISUALISASI DAN SEMILOKA PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI POLRIhari ini tanggal 24 April 2012 melaksanakan rapat yang dipimpin Ketua OC Kombes Pol Drs. Siswaluyo. Disamping tim OC ikut hadir pula tim EO “Kharisma” dibawah pimpinan ibu Niniek. Saya selaku sekretaris panitia di undang. Beberapa informasi yang dapat disampaikan sebagai berikut : (1) Kegiatan “Visualisasi dan Semiloka Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polridirencanakan alt I tanggal 15 dan 16 Mei atau alt II tanggal 22 dan 23 Mei 2012; (2) Khusus untuk pelaksanaan pameran bertempat di lapangan GOR STIK-PTIK; disiapkan sebanyak 40 stand untuk 31 Polda, Satker Mabes Polri yang ditunjuk dan NGO; (3) Fasilitas stan yang diberikan adalah fasilitas standar meliputi kapling pameran ukuran 3x3m dengan partisi stan R-8 (warna putih); standar listrik 2 amper/450 watt; meja  counter 1 (satu) unit ukuran 1x0,5m dan kursi 2 buah, floor karpet dan ac. Interior/ dekorasi stan diserahkan sepenuhnya Polda/ Satker, namun apabila ada Polda/ Satker yang perlu bantuan dari EO dipersilahkan dapat berhubungan langsung dengan  ibu Niniek 0852 1901 5999; (4) Terkait dengan akomodasi penginapan untuk peserta luar Jakarta disiapkan panitia termasuk petugas stan untuk 2 (dua) orang. Sukses untuk Tim OC. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI......

meilinamabespolri.blogspot.com

Tim Perumus Rapat  Internal,
6 Konsep dihasilkan

Menjelang pelaksanaan kegiatan VISUALISASI DAN SEMILOKA PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI POLRIyang akan digelar di Auditoriun STIK – PTIK pada tanggal 9 dan 10 Mei 2012 atau alternatif II tanggal 15 dan 16 Mei 2012, kepanitiaan yang tergabung dalam Tim Pelaksana secara inten telah melaksanakan persiapan baik melalui rapat Tim SC maupun Tim OC dan koordinasi dengan Polda. Pada hari ini tanggal 23 April 2012 jam 09.00 sd 16.30 Wib bertempat di Rupat Srena Polri Lt. IV dibawah pimpinan Kombes Polri Drs. Eddy Murdiyono, SH selaku Ketua Tim Perumus melaksanakan rapat yang dipimpin Karo RBP Srena Polri Brigjen Pol Drs. Andjaja, dengan agenda menyusun TOR pembicara, moderator dan keynote speech (Menpan dan RB); TOR diskusi kelompok (Kelompok I dengan pokok bahasan Perspektif Masyarakat Terhadap Kinerja Polri yang Bersih, Bebas dari KKN dan Anti Kekerasan; Kelompok II dengan pokok bahasan Perspektif Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik yang Prima oleh Polri; dan Kelompok III dengan pokok bahasan Perspektif Masyarakat Terhadap Akuntabilitas Kinerja Polri); sambutan Kapolri, sambutan/ materi paparan Wakapolri dan Asrena Kapolri. Rapat dihadiri anggota Tim Perumus/ yang mewakili. Sekretaris Panitia Kombes Pol. Meilina D. Irianti, SH dan staf turut membantu sebagai notulen dan menyiapkan operator untuk kelancaran diskusi dan penyempurnaan konsep awal yang telah disusun oleh DR. Wahyu dari STIK. Secara maraton telah  tersusun 6 konsep yaitu TOR pembicara, moderator. keynote speech; dan TOR diskusi kelompok I, II dan III; sedangkan sambutan/ materi paparan Wakapolri menjadi PR tim I, sambutan Kapolri menjadi PR tim II dan sambutan/ materi paparan Asrena Kapolri menjadi PR tim III. Secara lengkap dapat di download melalui polrireformasi.blogspot.com. Sukses untuk Tim Perumus. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI......
meilinamabespolri.blogspot.com



Visualisasi; 
Ajang Jualan Program Reformasi Birokrasi Polri

Demikian disampaikan Karo RBP Srena Polri Brigjen Pol. Drs. Andjaja, MHum selaku pimpinan pada video conference tanggal 16 April 2012 dengan seluruh  Wakapolda dan Kabag RBP. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai media informasi guna mempersiapkan pelaksanaan semiloka dan visualisasi program Reformasi Birokrasi Polri yang dalam waktu dekat akan digelar di Audotorium STIK Lemdikpol. Disamping kegiatan panel diskusi yang disampaikan oleh 3 (tiga) orang panelis dan diskusi kelompok pada hari kedua, kegiatan akan didahului dengan visualisasi yang tidak lain sebagai upaya untuk mengekspos keberhasilan pelaksanaan RBP yang merupakan program unggulan kegiatan semiloka ini. Diharapkan kepada masyarakat/stakeholder mendapatkan informasi langsung sudah sejauh mana Polri di era reformasi birokrasi ini melaksanakan inovasi dan kreativitas menuju perubahan Polri yang profesional, bermoral dan modern bersikap tegas  
namun tetap mengedepakan perilaku yang humanis. Panitia menyediakan kepada masing2 Polda dan Satker Mabes Polri yang ditunjuk stand pameran dan fasilitasnya dengan ukuran 3x3m untuk diisi dengan berbagai produk yang bernuasa Reformasi Birokrasi Polri untuk dipamerkan sebagai upaya inovasi yang telah dihasilkan diantaranya : Foto/film tentang pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri; Foto/film tentang Pelayanan Publik yang prima; Piagam/ sertfikat ISO, Piagam dan Piala Citra Pelayanan Prima; Perkap/Pilun/SOP/ Pedoman yang berkaitan dengan Pelayanan Publik; Produk Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri (Ren Aksi, Lap Anev dan Lap Monitoring); Maklumat Pelayanan Prima, Banner, Spanduk, Buku Saku RBP, Leafet, dll. Pameran ini akan dikunjungi langsung oleh Kapolri yang mendampingi Menpan dan RB serta peserta VIP. Nantinya sebagai apresiasi hasil pameran akan dinilai oleh Tim penilai dari Tim Quality Assurance Reformasi Birokrasi Polri yang akan memberikan penilaian secara obyektif berdasarkan indikator penilaian yang akan disiapkan. Diharapkan dari hasil kunjungan diperoleh suatu wawasan dan informasi secara lengkap tentang pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan Polri sehingga para peserta dan undangan VIP tidak ragu lagi untuk mengapresiasi apa yang sudah dicapai Polri dalam rangka Reformasi Birokrasi sehingga outcome sebagai hasil yang diharapkan benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat. Untuk itu guna mempercepat dan menyempurnakan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri diperlukan terobosan kreatif dari masing-masing Polda dan beberapa Wakapolda yang ditunjuk akan memaparkan dihadapan kelompok diskusi. Sebelum Karo RBP Srena Polri Brigjen Pol. Drs. Andjaja, MHum mengakhiri video conference, 10 Wakapolda memberikan respon  untuk penyempurnaan pelaksanaan semiloka, terimakasih pak Waka......SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI..........
meilinamabespolri.blogspot.com
WAKAPOLRI PIMPIN LANGSUNG RAPAT PANITIA LOKAKARYA
REFORMASI BIROKRASI POLRI

Bertempat di Rupattama Mabes Polri, Wakapolri pimpin langsung rapat panitia lokakarya Reformasi Birokrasi Polri yang berlangsung di Rupattama Mabes Polri hari ini tanggal 10 April 2012. Disamping kepanitian internal yang dipimpin Asrena Kapolri Irjen Pol. Drs. Pudjianto selaku Ketua Panitia, Irjen Pol Drs. Sulistyo Ishak selaku Wakil Ketua, Brigjen Pol Drs. Andjaja. MHum sebagai Ketua SC, Kombes Pol Drs Siswaluyo sebagai Ketua OC dan Kombes Pol Meilina D. Irianti, SH sebagai Sekretaris Panitia, diikutsertakan pula kepanitiaan eksternal dari Kemitraan, IOM, YLBH Jakarta dan Kontras. Dalam arahannya, Wakapolri menyampaikan bahwa lokakarya ini dilaksanakan tidak lain sebagai moment strategis untuk mengglorifikasi kembali tentang komitmen Reformasi Birokrasi Polri sekaligus melegitimasi implementasi Reformasi Birokrasi Polri secara eksternal sehubungan dengan telah diakuinya secara fakta legal oleh Kementerian PAN dan RB pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri Gelombang I yang selanjutnya Polri telah siap melaksanakan Reformasi Birokrasi Polri Gelombang II Tahun 2011-2014. Diharapkan melalui lokakarya diperoleh saran dan masukan yang didukung oleh semua pihak terutama stakeholders yang menerima manfaat langsung sebagai outcome   
kinerja Polri sehingga tercapai peningkatan kinerja dan prestasi Polri dalam pelaksanaan tugas Polri dengan mengedepankan pelayanan prima yang dilandasi transparansi dan akuntabilitas. Disamping moment sharing, akan dilaksanakan pameran visualisasi yang akan mengekspos keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri sebagai upaya terobosan kreaktif mewujudkan perubahan mindset dan culturset yang diisi oleh seluruh Polda dan Satker Mabes Polri yang ditunjuk diantaranya Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korlantas Polri, Sarpras Polri, dll. Tema lokakarya akan ditentukan sejalan dengan sasaran Reformasi Birokrasi Nasional yaitu mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN, peningkatan pelayanan publik dan peningkatan kapasitas dan akuntabilitas. Tema tersebut selanjutnya dijabarkan dalam 3 (tiga) topik terkait dengan perspektif masyarakat terhadap pelaksanaan sasaran Reformasi Birokrasi Nasional di lingkungan Polri yang akan dibahas sebagai bahan diskusi kelompok. Bagaimana perspektif masyarakat tentang implementasi Reformasi Birokrasi Polri tersebut, kita tunggu pelaksanaannya yang dalam waktu tidak terlalu lama selambat-lambatnya pertengahan bulan Mei 2012 akan digelar. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI....
                                                                                                                  
                                                                                                                   

          TIM SC BAHAS TEMA LOKAKARYA

Tim SC Panitia Lokakarya Reformasi Birokrasi Polri hari ini tanggal 12 April 2012, melaksanakan rapat bertempat di Wisma PKBI Jaksel, yang dipimpin Ketua SC Brigjen Pol Drs. Andjaja. Mhum - Karo RBP Srena Polri dengan agenda pembahasan Tema berikut pendukungnya. Rapat dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas saran dan masukan hasil rapat yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2012 yang lalu. Rapat diakhiri dengan perumusan 6 (enam) pointers yaitu : 1Tema ditentukan sejalan dengan sasaran Reformasi Birokrasi Polri yaitu mewujudkan Polri yang bersih dan bebas dari KKN, peningkatan pelayanan Polri kepada masyarakat, peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja Polri. Tema tersebut selanjutnya dijabarkan dalam 3 (tiga) topik terkait dengan perspektif masyarakat terhadap implementasi sasaran Reformasi Birokrasi Polri; 2. Adapun nama kegiatan menjadi “VISUALISASI DAN SEMILOKA PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI POLRI”; 3. Dengan Tema “REFORMASI BIROKRASI MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA, BERSIH, BEBAS KKN DAN ANTI KEKERASAN SERTA PENINGKATAN AKUNTABILITAS KINERJA POLRI”; dan 4.  Topik; a. Perspektif Masyarakat 
Terhadap Kinerja Polri yang Bersih dan Bebas dari KKN; b. Perspektif Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik oleh Polri; c. Perspektif Masyarakat Terhadap Akuntabilitas Kinerja Polri; 5, Waktu pelaksanaan tanggal 2 dan 3 Mei 2012, bertempat di Audotorium STIK; sedangkan 6. Output yang dihasilkan adalah Komitmen Reformasi Birokrasi Polri dan Direktif Kapolri tentang Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri. Selanjutnya hasil rapat hari ini akan dibahas dalam rapat panitia lengkap. Semoga final dan disetujui pimpinan. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI....
meilinamabespolri.blogspot.com


PERSIAPAN PELAKSANAAN FGD
REFORMASI BIROKRASI POLRI

Dalam rangka melegitimasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri Tahun 2011 secara eksternal perlu dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) agar diperoleh saran dan masukan yang didukung oleh semua pihak terutama stakeholders untuk selanjutnya dihimpun dan dituangkan dalam direktif. Dengan kata lain Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri tidak hanya diakui secara internal namun secara eksternal oleh masyarakat selaku stakeholder yang menerima manfaat langsung atas kinerja Polri mengakui hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri, demikian sambutan Asrena Kapolri Irjen Pol. Drs. Pudjianto selaku Ketua Panitia dalam rapat yang dilaksanakan di Hotel Ambhara Jaksel tanggal 29 Maret 2012. Dilaporkan oleh Karo RBP Srena Polri Brigjen Pol. Drs. Andjaja, MHum selaku Ketua SC, bahwa persiapan yang telah disusun panitia adalah menyusun Konsep Tema, Topik diskusi kelompok, Pembicara, Moderator, Peserta dan Akomodasi, secara lengkap Laporan Persiapan Pelaksanaan FGD Reformasi Birokrasi Polri akan disampaikan oleh Sekretaris Kombes Pol Meilina D. Irianti, SH. Tema FGD adalah: “ PERSPEKTIF MASYARAKAT TERHADAP IMPLEMENTASI REFORMASI BIROKRASI POLRI dengan Topik pembahasan diskusi; 1. Perspektif  Masyarakat Terhadap Implementasi Kinerja Polri yang Bersih dan Bebas KKN; 2.Perspektif Masyarakat Terhadap Kompetensi Personel Polri dalam Pelayanan Publik; 3.Perspektif Masyarakat Terhadap Penggunaan Kewenangan dalam Pelaksanaan Tugas Polri; Pembicara: Topik IProf. Dr. Anis Baswedan (Rektor Univ Paramadina)Topik II, Reynald Kasali (Bisnis Marketing)Topik III : Muhammad Sobari (Budayawan); Moderator: Karni Ilyas (Pembawa Acara Indonesia Lawyer Club) atau Vivi Alidia Yahya (Reporter Metro TV) atau Grace Natalie (Reporter TV One) atau Najwa Sihab (Reporter Metro TV)Peserta, berjumlah 100 orang, terdiri dari: Eksternalberjumlah 40 orang, meliputi Pengamat Kepolisian; Lembaga Swadaya Masyarakat; Akademisi/ Budayawan; Instansi Luar PolriInternal,  berjumlah  60 orang, meliputi : Kabag RBP Polda, Ketua Tim I s.d. IX dan Perwakilan angkatan yg terbaik. Apabila disetujui Rencana kegiatan dilaksanakan selama 2 hari pada bulan April 2012. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI ..........
meilinamabespolri.blogspot.com








Tidak ada komentar:

Posting Komentar