Minggu, 18 Maret 2012

Paradigma Polri Dalam Masyarakat Demokratis

Bangkitnya era reformasi nasional yang dilanjutkan dengan reformasi Polri telah merubah sistem penyelenggaraan yang menganut paradigma baru dengan menjunjung tinggi supremasi hukum, moral dan etika. Tidak hanya itu, paradigma baru pun tercipta dalam tatanan demokrasi, HAM, transparansi dan keadilanDalam perjalanan menuju Polri yang Profesional, Bermoral dan Modern, Polri tidak terlepas dari berbagai hal, termasuk diantaranya perkembangan kepolisian yang berorientasi tugas sebagai penegak hukum, pemelihara keamanan dan ketertiban, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan mencanangkan berbagai perubahan paradigma antara lain ; 
1. Polri tidak mengabdi kepada penguasa (bukan alat politik) melainkan sebagai alat negara yang peka dan tanggap akan kebutuhan masyarakat.
2. Polri tidak lagi bersikap reaktif dalam menghadapi kejahatan. Saat ini model kerja profesional Polri yang semula mengedepankan kecepatan waktu dan ketanggapsegeraan  telah bergeser menjadi Polri yang proaktif dengan melibatkan kegiatan intelijen.
3. Polri mencanangkan perubahan paradigma dalam bentuk penerapan strategi Polmas untuk membangun Polri yang profesional dan dekat dengan masyarakat.
3. Polri menerapkan penegakan hukum yang menjunjung tinggi supremasi  dan HAM sebagai indikator suatu negara hukum yang berdaulat. SALAM REFORMASI BIROKRASI POLRI

meilinamabespolri.blogspot.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar